Tuesday, May 29, 2012

Cuaca dan Musim di Melbourne Australia

Banyak orang bilang cuaca di Melbourne dalam satu hari bisa berubah-ubah, bahkan dalam satu hari kita bisa mengalami empat musim sekaligus. Bayangkan! Sebaiknya sebelum pergi ke Melbourne atau bahkan bila anda sudah tiba di Melbourne adalah sangat penting untuk melihat ramalan cuaca di hari tersebut, apakah akan ada hujan, angin, dan berapa temperatur udaranya pada hari tersebut. Selain memperhatikan temperatur, hujan atau tidaknya, menurut saya yang juga amat penting adalah cek berapa kecepatan anginnya dan dari arah mana angin tersebut berhembus. Kalau anginnya sudah diatas 20km/jam dan berhembus dari arah selatan sudah pasti anda akan menggigil kedinginan. Menurut saya paling enak Melbourne kalau anginnya dibawah kecepatan 10km/jam.

Selain cuaca anda juga harus memperhatikan musim. Di Melbourne ada empat musim, yaitu musim panas (akhir Desember s/d Februari), musim gugur atau autumn (Maret s/d Mei), musim dingin atau winter (Juni s/d Agustus) dan spring (September s/d November). Musim di Australia kebalikannya musim di Eropa atau Amerika, jika di Amerika atau Eropa sedang musim panas di Australia musim dingin, demikian juga sebaliknya. Tapi buat anda yang sudah pernah mengalami musim dingin di Amerika atau Eropa, musim dingin di Melbourne mungkin tidak ada apa-apanya, musim dingin di Melbourne jarang sampai dibawah 5 derajat Celcius.

Dan satu lagi, di Melbourne tidak ada salju walaupun di musim dingin, kalau anda mau main-main salju anda harus pergi ke daerah ski resort sekitar 2 atau 3 jam dari Melbourne dan salju di gunung tersebut hanya ada di bulan Juli s/d September. Gunung salju di Melbourne yang terdekat kalau tidak salah adalah Mount Buller, jaraknya sekitar 248 km dari kota Melbourne atau sekitar 2.5 s/d 3 jam perjalanan naik bis. Anda bisa cek websitenya disini. Selain Mount Buller coba juga cek ke ski resort lainnya seperti, Falls Creek, Mount Hotham, Mount Baw Baw dan Lake Mountain. Semua yang disebut diatas terletak di sekitar kota Melbourne.

No comments :

Post a Comment